Sabtu, 16 April 2011

Pembelajaran Tematik

1.  Hakekat Pembelajaran Tematik
  • Satukan atau dilebur menjadi satu (Moeliono, 2002 :811)
  • Kegiatan pembelajaran dengan materi  beberapa mata pelajaran dalam satu tema  atau topik  (Tukiman, 2003)
  • Suatu upaya mengintegrasikan pengetahuan, ketrampilan, nilai atau sikap pembelajaran serta pemikiran kreatif dengan menggunakan tema (Hamalik, 2004)
2.  Mengapa Tematik ?
  • Kehidupan itu komplek saling terkait dan tidak berdiri sendiri;
  • Menyiasati kurikulum dengan cara mudah dan menarik
  • Dasar anak yang memiliki kemampuan kreatif dan kecerdasan majemuk
  • Upaya memperbaiki pendidikan
3. Karakteristik Pembelajaran Tematik
  • Menggunakan prinsip belajar sambil bermain;
  • Berpusat pada anak;
  • Memberikan pengalaman langsung;
  • Menanamkan konsep berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran;
  • Pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak
  • Membangun sikap kolaboratif atau kerjasama
  • Berkembang sesuai minat dan kebutuhan anak
  • Bersifat fleksibel
4. Keuntungan Pembelajaran Tematik
  • Siswa mudah memusatkan perhatian pada tema tertentu;
  • Siswa dapat mengembangkan berbagai kompetensi mapel dalam tema sama;
  • Pemahaman terhadap mater pelajaran lebih mendalam dan berkesan
  • Kompetensi berbahasa bisa dikembangkan lebih baik dengan mengaitkan berbagai mapel dan pengalaman pribadi siswa
5.  Teknik Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
  • Pelajari kompetensi dasar, dan indikator pada kelas dan semester yang sama dari setiap mapel lalu pilih tema yang dapat mempersatukan KD dan indikator tersebut;
  • Buatlah pemetaan dan bagi habis semua KD dan indikator dalam setiap tema sehingga tidak ada KD dan indikator yang tertinggal;
  • Buatlah diagram kaitan (jaringan) antara tema dengan KD dan Indikator dari setiap Mapel;
  • Ciptakan model pembelajaran untuk setiap tema (Kegiatan Harian : Awal, Inti, dan Akhir)
6.  Model Pembelajaran Tematik
  • Ketematikan Model Terkait Menekankan pada hubungan secara eksplisit di dalam satu bidang studi tentang konsep, prinsip, pokok bahasan, apresiasi, kreativitas, dan estetis
  • Ketematikan model terjala Menekankan pada hubungan dua atau lebih mata pelajaran yang diikat oleh topik atau tema

Tidak ada komentar:

tekad sekolahku


Belajar Bhs.Inggris OL

Liris

ArsipBlogq