Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
I (satu)/ 1
|
Pertemuan
Ke
|
:
|
1 (satu) dan 2
(dua)
|
Waktu
|
:
|
2X35 Menit
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Hafal Al Quran
surat-surat pilihan
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Hafal surat Al Fatihah
|
Indikator
|
:
|
- Melafalkan surat Al Fatihah
-
Menunjukkan hafal surat Al Fatihah
-
Mendemonstrasikan
surat Al
Fatihah
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Siswa hafal surat-surat pendek pilihan dengan lancar
|
Materi
Ajar (Materi Pokok)
|
:
|
Surat Al Fatihah
ayat 1-7
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Hafalan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
a.
Kegiatan
Awal
-
Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-
Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
b.
Kegiatan
Inti
Dalam
kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai
berikut:
(i)
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai, seperti cara melafalkan bacaan
surat Al Fatihah dan cara menghafalkannya.
-
Melafalkan surat Al Fatihah bersama-sama (secara
klasikal) 2 – 3 kali.
-
Melafalkan surat Al Fatihah ayat demi ayat secara
berkelompok
-
Guru menggali pengalaman siswa (individual) tentang
bacaan surat Al Fatihah
(ii)
Konsolidasi
Pembelajaran
-
Guru melafalkan bacaan surat Al Fatihah dengan fasih
dan para siswa menirukannya dengan baik.
-
Para siswa melafalkan bacaan surat Al Fatihah ayat demi
ayat dengan makhraj yang jelas dan guru memperhatikan serta membetulkannya
jika ada yang salah.
-
Para siswa melafalkan surat Al Fatihah secara
berulang-ulang hingga terdengar dari setiap mereka makhraj huruf yang jelas.
-
Hafalan surat Al Fatihah ayat demi ayat dengan baik.
-
Para siswa mengulang-ulang hafalan surat Al Fatihah
hingga lancar.
-
Para siswa (secara perorangan) mendemonstrasikan
hafalan surat Al Fatihah.
(iii) Pembentukan Sikap dan Perilaku
Guru
menganjurkan para siswa agar membaca “Basmalah” setiap kali mereka mau
memulai pekerjaan yang baik, seperti mau berangkat ke sekolah, mau makan dan
minum dan lain sebagainya. Ketika mereka selesai mengerjakan sesuatu yang
baik seperti selesai belajar, selesai makan dan minum dan lain sebagaianya
atau ketika mereka mendapat pujian, guru menganjurkan agar mereka mengucapkan
“hamdalah” sebagai bentuk rasa syukur mereka kepada Allah swt. Pembentukan
sikap atau perilaku lainnya dapat dikembangkan oleh guru, seperti penerapan
dalam pelaksanaan shalat 5 waktu dan lain sebagainya.
c.
Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali
bacaan surat Al Fatihah dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran
bacaan tersebut.
-
Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang
bacaan surat Al Fatihah hingga hafal (tugas).
-
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
|
|
Alat
dan sumber
|
-
Al
Qurán Juz Ámma
-
Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas I
-
Buku
Metode Belajar Al Qurán
-
CD
Al Qurán Juz Ámma
-
Radio Kaset Bacaan Al Qurán Juz Ámma
|
|
Penilaian
|
:
|
- Tes Lisan
Setiap
siswa diminta untuk melafalkan surat Al
Fatihah dengan tujuan untuk melihat dan mendengar kemampuan siswa dalam
membaca surat
Al Fatihah.
|
- Tes Tulisan
Memberikan atau menulis beberapa soal tertulis pada
siswa
|
||
- Tes Perbuatan
Beberapa
orang siswa diminta mendemonstrasikan hafalan surat Al Fatihah di depan
teman-temanya yang lain
|
LEMBAR
PENILAIAN
I. Tes
Pengetahuan Nilai
= ............
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Lafalkan surat Al Fatihah dengan benar
|
Anak mampu melafalkan surat Al Fatihah dengan benar
|
2.
|
Hafalkan surat Al Fatihah dengan baik dan benar
|
Anak dapat mengahafalkan surat Al Fatihah dengan lancar
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
dst
|
Keterangan : Skor
Tes Perbuatan :
1
=
Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
2
= Membaca lancar kurang baik =
70 – 79 = B
3
= Membaca Terbata-bata =
60 – 69 = C
4
= Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru = 50 – 59 = D
5
= Tidak dapat membaca =
kurang dari 50 = E
III.
Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Agar dapat
membaca surat Al Fatihah dengan baik kita
harus berulang kali membacanya
|
||||
2.
|
Untuk menjaga hafalan surat Al Fatihah kita harus menghafalnya
secara berulangkali
|
||||
3.
|
Setiap kita mau melakukan pekerjaan baik
kita dianjurkan untuk terlebih dahulu memulainya dengan membaca basmalah
|
||||
4.
|
Setiap kali kita selesai mengerjakan pekerjaan baik kita dianjurkan untuk
mengakhirinya dengan membaca hamdalah
|
||||
dst
|
………………………………………………..
|
Keterangan
: Skor Tes Sikap:
SS =
Sangat Setuju = 50
S =
Setuju =
40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan
portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa
yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa
L
|
||||
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (SDLB-A)
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
I (satu)/ 1
|
Pertemuan
Ke
|
:
|
1 (satu) dan 2
(dua)
|
Waktu
|
:
|
2X35 Menit
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Hafal Al Quran
surat-surat pilihan
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Hafal surat Al Fatihah
|
Indikator
|
:
|
- Melafalkan surat Al Fatihah
-
Menunjukkan hafal surat Al Fatihah
-
Mendemonstrasikan
surat Al
Fatihah
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Siswa hafal surat-surat pendek pilihan dengan lancar
|
Materi
Ajar (Materi Pokok)
|
:
|
Surat Al Fatihah
ayat 1-7
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Hafalan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
a.
Kegiatan
Awal
-
Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán (Braille)
-
Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
b.
Kegiatan
Inti
Dalam
kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai
berikut:
(vii)
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi yang akan dicapai, seperti cara melafalkan bacaan
surat Al Fatihah dan cara menghafalkannya.
-
Melafalkan surat Al Fatihah bersama-sama (secara
klasikal) 2 – 3 kali.
-
Melafalkan surat Al Fatihah ayat demi ayat secara
berkelompok
-
Guru menggali pengalaman siswa (individual) tentang
bacaan surat Al Fatihah
(viii)
Konsolidasi
Pembelajaran
-
Guru melafalkan bacaan surat Al Fatihah dengan fasih
dan para siswa menirukannya dengan baik.
-
Para siswa melafalkan bacaan surat Al Fatihah ayat demi
ayat dengan makhraj yang jelas dan guru memperhatikan serta membetulkannya
jika ada yang salah.
-
Para siswa melafalkan surat Al Fatihah secara
berulang-ulang hingga terdengar dari setiap mereka makhraj huruf yang jelas.
-
Hafalan surat Al Fatihah ayat demi ayat dengan baik.
-
Para siswa mengulang-ulang hafalan surat Al Fatihah
hingga lancar.
-
Para siswa (secara perorangan) mendemonstrasikan
hafalan surat Al Fatihah.
(ix) Pembentukan Sikap dan Perilaku
Guru
menganjurkan para siswa agar membaca “Basmalah” setiap kali mereka mau
memulai pekerjaan yang baik, seperti mau berangkat ke sekolah, mau makan dan
minum dan lain sebagainya. Ketika mereka selesai mengerjakan sesuatu yang
baik seperti selesai belajar, selesai makan dan minum dan lain sebagaianya
atau ketika mereka mendapat pujian, guru menganjurkan agar mereka mengucapkan
“hamdalah” sebagai bentuk rasa syukur mereka kepada Allah swt. Pembentukan
sikap atau perilaku lainnya dapat dikembangkan oleh guru, seperti penerapan
dalam pelaksanaan shalat 5 waktu dan lain sebagainya.
c.
Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Para siswa secara bersama (klasikal) melafalkan kembali
bacaan surat Al Fatihah dan guru memperhatikan serta mendengarkan kebenaran
bacaan tersebut.
-
Guru meminta agar para siswa rajin mengulang-ulang
bacaan surat Al Fatihah hingga hafal (tugas).
-
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
|
|
Alat
dan sumber
|
-
Al Qurán Juz Ámma (Braille)
-
Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas I (Braille)
-
Buku
Metode Belajar Al Qurán (Braille)
-
Radio Kaset Bacaan Al Qurán Juz Ámma
|
|
Penilaian
|
:
|
- Tes Lisan
Setiap
siswa diminta untuk melafalkan surat Al
Fatihah dengan tujuan untuk melihat dan mendengar kemampuan siswa dalam
membaca surat
Al Fatihah.
|
- Tes Tulisan
Memberikan atau menulis beberapa soal tertulis pada siswa
|
||
- Tes Perbuatan
Beberapa
orang siswa diminta mendemonstrasikan hafalan surat Al Fatihah di depan
teman-temanya yang lain
|
LEMBAR
PENILAIAN
I. Tes
Pengetahuan Nilai
= ............
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Lafalkan surat Al Fatihah dengan benar
|
Anak mampu melafalkan surat Al Fatihah dengan benar
|
2.
|
Hafalkan surat Al Fatihah dengan baik dan benar
|
Anak dapat mengahafalkan surat Al Fatihah dengan lancar
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
7.
|
||||||
8.
|
||||||
9.
|
||||||
dst
|
Keterangan : Skor
Tes Perbuatan :
11 = Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
12 =
Membaca lancar kurang baik
= 70 – 79 = B
13 =
Membaca Terbata-bata =
60 – 69 = C
14 =
Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru =
50 – 59 = D
15 = Tidak
dapat membaca =
kurang dari 50 = E
III.
Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Agar dapat
membaca surat Al Fatihah dengan baik kita
harus berulang kali membacanya
|
||||
2.
|
Untuk menjaga hafalan surat Al Fatihah kita harus
menghafalnya secara berulangkali
|
||||
3.
|
Setiap kita mau melakukan pekerjaan baik
kita dianjurkan untuk terlebih dahulu memulainya dengan membaca basmalah
|
||||
4.
|
Setiap kali kita selesai mengerjakan pekerjaan baik kita dianjurkan untuk
mengakhirinya dengan membaca hamdalah
|
||||
dst
|
………………………………………………..
|
Keterangan
: Skor Tes Sikap:
SS =
Sangat Setuju = 50
S =
Setuju =
40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan
menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara
lain:
-
apa
yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa
|
||||
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (SDLB-A)
|
|||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
I V (Empat)/ 1
(Satu)
|
|
Pertemuan
Ke
|
:
|
1 (satu)
|
|
Waktu
|
:
|
2X40 Menit
|
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
- Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
|
|
Indikator
|
:
|
- Menceritakan kisah Nabi Adam AS
- Menunjukkan
sikap meneladani taubatnya Nabi Adam AS
|
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Siswa mampu
meneladani sikap terpunji Nabi Adam AS
|
|
Materi
Ajar (Materi Pokok)
|
:
|
Kisah taubat Nabi
Adam AS
|
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Ceramah, tanya jawab dan simulasi
|
|
LEMBAR
PENILAIAN
I. Tes
Pengetahuan
11.
|
||||||
12.
|
||||||
dst
|
Keterangan
: Skor
Tes Perbuatan :
16
=
Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
17 =
Membaca lancar kurang baik
= 70 – 79 = B
18 =
Membaca Terbata-bata =
60 – 69 = C
19 =
Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru =
50 – 59 = D
20 = Tidak
dapat membaca =
kurang dari 50 = E
IV. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan
menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar