a. Pendidikan Agama
Islam SD/MI
- Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
- Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
- Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela
- Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
- Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi
b. Pendidikan Agama Kristen
SD
- Memahami kasih Allah melalui keberadaan dirinya
- Menanggapi kasih Allah dengan mengasihi orangtua, keluarga dan teman
- Beribadah kepada Tuhan sebagai ucapan syukur melalui doa dan membaca Alkitab
- Memelihara ciptaan Allah lainnya dalam hidup sehari-hari
c.
Pendidikan Agama Katolik SD
- Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai karunia Tuhan dan mengungkapkan rasa syukurnya dengan berdoa, bernyanyi serta melakukan perbuatan-perbuatan nyata
- Peserta didik memahami dan mencintai Allah sebagai Bapa Pencipta dan Penyelenggara seperti dikisahkan Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dan meneladani Yesus Kristus sebagai Penyelamat hidup umat manusia.
- Peserta didik memahami Gereja sebagai persekutuan Umat Allah dan sebagai Sakramen keselamatan yang diutus ke dalam dunia dan Roh Kudus yang diutus Yesus sebagai jiwa Gereja yang senantiasa menyertainya.
- Peserta didik memahami hidup beriman yang terlibat dalam masyarakat sebagai perwujudan imannya.
d. Pendidikan Agama Hindu
SD
- Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai Maha Pencipta, Tri Murti, Tri Purusa dan Cadhu Sakti
- Memahami ajaran Panca Sradha dan Tri Sarira
- Memahami ajaran Susila yang meliputi: Tri Kaya Parisudha, Tri Mala, Catur Paramita, Tri Parartha, Panca Yama, Panca Nyama Bratha, Catur Guru, Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
- Mendemonstrasikan pemahaman sikap-sikap sembahyang Tri Sandhya dan sarana sembahyang
- Menerapkan Panca Yadnya secara Nitya Karma dan Naimitika Karma dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami Weda sebagai kitab suci dan wahyu Sang Hyang Widhi (Tuhan)
- Memahami orang suci agama Hindu dan tugas dan kewajiban orang suci
- Memahami hari-hari suci keagamaan dan dasar-dasar hari suci (Wariga)
- Mengenal pemimpin yang baik dan patut diteladani di wilayahnya
- Memahami Bhuana Agung dan Bhuana Alit
- Memahami tari-tari Keagamaan, lagu-lagu kerohanian (Yadnya), dan sejarah perkembangan Hindu sebelum dan sesudah kemerdekaan
e. Pendidikan Agama
Buddha SD
1.
Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri
Ratna dengan mengetahui fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan kebijaksanaan (panna)
2.
Memiliki kemampuan dasar untuk memahami dan
meyakini agamanya serta menerapkannya dalam bertutur, berbuat dan berperilaku
3.
Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti
artinya
4.
Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar
sesuai dengan tuntunan masing-masing aliran
5.
Meneladani sifat, sikap dan kepribadian
Buddha, Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha
6.
Memiliki kemampuan dasar berpikir logis,
kritis, dan kreatif untuk memecahkan masalah
7.
Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
8.
Memahami lambang-lambang agama Buddha
9.
Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan
untuk melanjutkan pendidikan di SMP
f.
Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI
1.
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
2.
Memahami dan
menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3.
Memahami
kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4.
Memahami
hidup tertib dan gotong royong
5.
Menampilkan
sikap cinta lingkungan dan demokratis
6.
Menampilkan
perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan
sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai pancasila
7.
Memahami
sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
8.
Memahami makna
keutuhan negara kesatuan Republik iIndonesia, dengan kepatuhan terhadap
undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai
keputusan bersama
9.
Memahami dan
menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10. Memahami hubungan Indonesia dengan negara
tetangga dan politik luar negeri
g. Bahasa Indonesia
SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk,
pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar,
serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita
rakyat
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan
untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan,
tegur sapa, percakapan sederhana,
wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan
benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil
pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk
dongeng, pantun, drama, dan puisi
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis
membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan
drama
4.
Menulis
Melakukan berbagai jenis
kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks
pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak
berbentuk cerita, puisi, dan pantun
h. Matematika SD/MI
1.
Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan,
operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2.
Memahami bangun datar dan bangun ruang
sederhana, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
3.
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat,
panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
4.
Memahami konsep koordinat untuk menentukan
letak benda dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
5.
Memahami konsep pengumpulan data, penyajian
data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan
data, rerata hitung, modus, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
6.
Memiliki sikap menghargai matematika dan
kegunaannya dalam kehidupan
7.
Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis,
dan kreatif
i.
Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI
1.
Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan
menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis
2.
Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta
manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan
interaksi antara makhluk hidup dengan
lingkungannya
3.
Memahami
bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya
dan perubahan pada makhluk hidup
4.
Memahami beragam sifat benda hubungannya
dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan kegunaannya
5.
Memahami berbagai bentuk energi, perubahan
dan manfaatnya
6.
Memahami matahari sebagai pusat tata surya,
kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan
kegiatan manusia
j.
Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI
1.
Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan
sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2.
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota
dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja sama di antara keduanya
3.
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman
suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
4.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi,
dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
5.
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh
sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
6.
Menghargai peranan tokoh pejuang dalam
mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia,
keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua
8.
Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi
di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam
menghadapi bencana alam
9.
Memahami peranan Indonesia di era global
k. Seni Budaya dan
Keterampilan SD/MI
Seni Rupa
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan
keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi dengan tema benda
alam yang ada di daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan
keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari bahan
plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan
karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan
ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan
teknik batik
4.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan
karya seni rupa Nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan
ilustrasi dengan tema bebas
5.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan
karya seni rupa Nusantara melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai dengan
potensi daerah setempat
Seni Musik
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik dengan memperhatikan dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan
wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu wajib,
daerah dan Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni
musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan memainkan alat
musik sederhana daerah setempat
Seni Tari
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni tari dengan memperhatikan simbol
dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni tari dengan memperhatikan simbol
dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan
karya seni tari dan musik Nusantara
Keterampilan
1.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan
daerah setempat dengan teknik konstruksi
2.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan
benda permainan dengan teknik meronce dan makrame
3.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan
anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
4.
Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan
beroda dengan menggunakan berbagai bahan
l.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI
1. Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana
serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2.
Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam
pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan aerobik
3.
Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti
ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
4.
Mempraktekkan gerak dasar renang dalam
berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5.
Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk
meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi otot
6.
Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak
dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti perkemahan, piknik, dan
lain-lain
7.
Memahami budaya hidup sehat dalam
bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal
berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba
m. Bahasa Inggris
SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami instruksi, informasi, dan cerita
sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal dan transaksional sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan
informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
3.
Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam
instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar
sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar
4.
Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar