Sekilas pandangan tentang Belajar/Pembelajaran
A. Pandangan Behavioristik dan Konstruktivistik tentang belajar:
BEHAVIORISTIK | KONSTRUKTIVISTIK |
Behavioristik memandang. Bahwa pengetahuan adalah obyektif, pasti dan tetap, tidak berubah. Pengetahuan telah terstruktur dengan rapi | Konstruktivistik memandang bahwa pengetahuan adalah non obtektif bersifat temporer, selalu berubah-ubah tidak menentu |
Belajar adalah perolehan pengetahuan, sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan kepada orang yang belajar | Belajar adalah menyusun pengetahuan dari pengalaman kongkrit, aktifitas kolaborasi, dan refleksi serta interprestasi. Sedangkan mengajar meneta lingkungan agar si belajar termotivasi dalam menggali dan menghargai ketidakmenentuan |
Si belajar diharapkan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang di ajarkan. Artinya apa yang dipahami oleh pengajar itulah yang harus dipahami oleh si belajar | Si belaja akan memiliki pemahaman yang berbeda terhadap pengetahuan tergantung pada pengalamannya. Dan perspektif yang dipakai dalam mengintrospeksikannya |
B. Pandangan Behavioristik dan konstruktifistik tentang tujuan pembelajaran:
BEHAVIORISTIK | KONSTRUKTIVISTIK |
Tujuan pembelajaran ditentukan pada penambahan pengetahuan | Tujuan pembelajaran ditentukan pada belajar tentang bagaimana belajar |
C. Pandangan Behavioristik dan konstruktifistik tentang strategi pembelajaran:
BEHAVIORISTIK | KONSTRUKTIVISTIK |
Penyajian isi menekankan pada keterampilan yang terisolasi dan terakumulasi fakta mengikuti urutan dari bagian ke keseluruhan | Penyajian isi menekankan pada penggunaan pengetahuan secara bermakna mengikuti urutan dari keseluruhan ke bagian |
Pembelajarasn mengikuti urutan kurikulum secara ketat | Pembelajaran lebih banyak diarahkan untuk meladeni atau melayani pertanyaan dan pandangan si belajar |
Aktifitas belajar lebih banyak didasarkan pada buku teks dan penekanan pada keterampilan | Aktifitas belajar lebih banyak didasarkan pada data primer dan bahan manipulatif dengan penekanan pada keterampilan berpikir kritis |
Pembelajaran dan evaluasi menekankan pada hasil | Pembelajaran menekankan pada proses |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar